Jumat, 20 September 2013

CONVERT GAMBAR TIF KE JPG TANPA SOFTWARE


Suatu ketika komputer yang biasa saya pakai rusak, setiap loading windows Blue Screen, akhirnya saya install ulang windows, sebagai informasi bahwa windows yang saya gunakan adalah : Windows XP Professional Service Pack 3 Version 2009 Deluxe Edition MuRsiD BaRaN.

Ketika selesai install windows, saya install semua aplikasi yang saya butuhkan terutama Adobe Photoshop, dan otomatis setiap kita Install Adobe Photoshop pasti juga terintsall Adobe Reader.

Suatu saat saya lagi mencari gambar, pas filenya ketemu saya ga tahu kalau gambar tersebut berextention .tif, saya klik dan ternyata yang terbuka malah Adobe Reader, tahu dong berapa lama Adobe Reader bisa terbuka.

Saya fikir bagaimana saya bisa tahu dengan cepat ini gambar apa kalau aplikasi untuk membukanya saja lama. akhirnya saya berfikir untuk mengconvert menjadi JPG dengan bantuan Adobe Photoshop. Namun saya berfikir lagi, berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mengconvert file gambar segitu banyak.

Akhirnya saya coba secara langsung yaitu dengan melalui Windows Explor, saya pilih Tool dan Pilih Folder Option.



Kemudian hilangkan tanda centang pada Hide Extentions for know file types. klik OK.

Setelah itu kita cari file gambar yang tadi berextention .tif saya langsung rename dan mengganti extentionnya menjadi .jpg. kemudian muncul dialog seperti ini



dan Tara...... gambar sudah berganti menjadi jpg dan gambar sudah bisa dibuka melalui Microsoft Office Picture Manager, aplikasi bawaan office.

Demikian pengalaman saya semoga bisa menjadi inspirasi bagi semuanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar