Selasa, 29 Oktober 2013

Membuat Nomor Otomatis di Excell


Excell emang sebuah program aplikasi yang sangat pintar dan canggih, banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan program yang satu ini, mulai dari perhitungan yang biasa sampai hal yang luar biasa bisa dikerjakan olehnya.

Kita mungkin sering membuat daftar, entah itu berupa daftar nama orang, daftar nama pekerjaan atau bagi yang menggunakannya untuk kepentingan keuangan berarti membuat daftar kebutuhan keluar masuk keuangan setiap harinya.

Dalam pembuatan daftar tersebut hal yang sangat dibutuhkan adalah penomoran, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara membuat nomor urut secara otomatis, sehingga kita tidak usah repot-repot lagi membuat nomor, atau bahkan harus pusing selanjutnya nomor berapa.

Penomoran yang saya akan share ini, terbilang jarang digunakan orang, dimana nomor akan muncul jika ada daftar pekerjaan yang diisikan, jika daftar pekerjaan tidak diisikan berarti nomor tidak muncul.

Okeh kita langsung menuju KTP, eh salah... TeKaPe.

pertama kita buat daftar seperti contoh dibawah ini :


nah penomoran yang akan kita isikan itu kita mulai di baris 5
rumus yang kita pakai adalah penggabungan antara if dan counta
pada A5 kita ketikkan :

=IF(B5<>"";COUNTA($B$5:B5);"")

artinya :
Jika pada kolom B5 diisikan sesuatu, maka hitung dari B5 (dalam hal ini yang dikunci $B$5) sampai ke B5, jika pada kolom B5 Kosong maka berarti kosong.

Pada prinsipnya kita menghitung jumlah sel yang terisi tulisan, penggunaan COUNTA dimaksudkan agar apa yang diinputkan bisa dihitung semua, baik itu berupa text ataupun angka.

Selanjutnya rumus yang tadi kita buat kita copy kebawah bisa dengan cara kita tarik seperti ini :


sampai disini rumus sudah bisa digunakan, tinggal kita isikan uraian kolom B, seperti contoh dibawah ini :



Hasilnya bisa kita lihat bahwa hanya uraian yang terisi sajalah yang akan mendapatkan nomor, uraian yang tidak diisi akan dilewat artinya tidak mendapatkan nomor.

Demikian penjelasan singkat saya, semoga bisa difahami dan bisa bermanfaat.

Terimakasih....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar